Jenis Jaringan Komputer

A. Berdasarkan Area
      1. PAN (Personal Area Network)
      2. LAN (Local Area Network)
      3. MAN (Metropolitan Area Network)
      4. WAN (Wide Area Network)
      5. INTERNET
      Tabel dibawah ini berisi daftar luas area masing-masing jaringan komputer. Nilai pada tabel ini hanya kisaran saja. Dalam praktiknya cukup sulit untuk membuat batasan yang tegas.
        1. PAN (Personal Area Network)
                   PAN merupakan jaringan komputer yang di bentuk oleh beberapa buah komputer dengan peralatan non komputer (seperti : printer, mesin fax, telepon selular, PDA dan handphone).
 Cakupan area sebuah PAN sangat terbatas, yaitu sekitar 6 hingga 9 meter. Namun perkembangan teknologi telah membuat sebuah PAN dapat menjangkau area yang lebih luas.
      2. LAN (Local Area Network)
                 LAN merupakan jaringan yang dibangun pada area yang terbatas, seperti ruangan, rumah, kantor, gedung, kampus. Sebuah LAN dapat terdiri atas puluhan hingga ratusan buah komputer.
                LAN mendukung kecepatan transfer data cukup tinggi, ada 4 "Bentuk Dasar" LAN atau yang disebut topologi fisik LAN, yaitu :
         a. Topologi Bus
                     Topologi Bus menggunakan sebuah kabel backbone dan semua host berhubungan secara langsung pada kabel tersebut.
         b. Topologi Ring
                  Topologi Ring menghubungkan host dengan host lainnya membentuk lingkaran tertutup atau loop.
         c. Topologi Star
                  Topologi Star menghubungkan semua komputer pada sentral atau kosentrator. Biasanya kosentrator berupa perangkat hub atau switch.
           d. Topologi Mesh
                  Topologi Mesh menghubungkan setiap komputer secara point-to-point. Artinya komputer akan saling terhubung satu-satu sehingga tidak dijumpai ada link yang terputus. Topologi ini biasanya digunakan pada lokasi yang kritis, seperti instalasi nuklir.
      3. Man (Metropolitan Area Network)
                MAN merupakan jaringan komputer yang meliputi area sebuah kota. Teknologi yang digunakan oleh MAN mirip dengan LAN. Hanya saja areanya lebih besar dan komputer yang dapat dihubungkan pada jaringan pun jauh lebih banyak dibandingkan LAN.
               Umumnya MAN dibangun menggunakan topologi Mesh. Jika pada LAN kita bisa langsung menghubungkan setiap komputer membentuk sebuah tipologi Mesh, maka pada MAN topologi Mesh terbentuk dari berbagai perangkat switch. Kadangkala topologi Mesh yang di implementasikan pada MAN disebut sebagai topologi Ethernet MAN. Ilustrasinya sebagai berikut :
    4. WAN (Wide Area Network)
                 WAN merupakan jaringan komputer yang meliputi area geografis sangat besar, seperti antarkota, antarnegara, antarbenua (mungkin saja antarplanet). WAN dapat menghubungkan LAN atau MAN yang dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh. Untuk menghubungkan kedua jarang yang berjauhan biasanya digunakan saluran telepon.
   5. INTERNET
              Internet dapat dikategorikan sebagai WAN (Wide Area Network) yang bersifat khusus. Ada beberapa hal yang membedakan Internet dengan WAN. Salah satunya yaitu protokol yang di gunakan. Internet menggunakan protokol khusus yang disebut TCP/IP. Ciri lainnya yang membedakan Internet dengan WAN adalah sebagai berikut :
         a. Internet mempunyai layanan khas
         b. Modal pengoperasian Internet dan WAN berbeda
         c. Internet mempunyai model pengalamatan yang unik
         d. Sistem penamaan domain
         e. Sistem penentuan rute jalan
 
B. Berdasarkan Media Transmisi
       Berdasarkan media transmisi data yang digunakan, jaringan komputer dibagi menjadi wire network dan wirelles network. Media yang digunakan untuk transmisi data disebut channel atau kanal.
     1. Wire Network
              Wire Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Pada sebuah network, media transmisi memegang peranan yang sangat penting, karena informasi atau data akan diangkut melalui media transmisi. Pada Wire Network, ada beberapa pilihan kabel yang dapat digunakan, yaitu kabel coaxial, kabel twisted pair (TP) dan kabel fiber optic.
             Semua network yang termasuk kategori LAN, MAN dan WAN merupakan jenis Wire Network. Terutama yang merupakan keluarga Ethernet, FDDI, Token Ring, dan lain-lain.
    2. Wirelles Network.
             Wirelles Network adalah jenis jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio untuk transmisi data. Wirelles Network memiliki beberapa keunggulan, seperti proses instalasi yang lebih mudah di bandingkan Wire Network, dapat mencapai area yang sulit dijangkau, biaya instalasi dan perawatan lebih murah.
             Seperti halnya Wire Network, Wirelles Network juga ada beberapa jenis yaitu WPAN, WLAN, WMAN dan WWAN.

C. Berdasarkan Pola Pengoperasiannya
    1. Peer to peer
           Peer to peer adalah jenis jaringan komputer di mana setiap komputer bisa menjadi server sekaligus client. Setiap komputer dapat menerima dan memberikan acces dari atau ke komputer lain. Peer to peer banyak diimplementasikan pada jarinagan LAN. Walaupun dapat juga pada jaringan MAN, WAN dan internet, namun hal ini dirasa kurang lazim. Salah satu alasannya adalah masalah manajemen dan security.
           Dibawah ini adalah ilustrasi dari Peer to peer :
   2. Client Server
           Client Server adalah jaringan yang salah satu (boleh lebih) komputernya di fungsikan sebagai server untuk melayani komputer lain. Komputer yang dilayani oleh server disebut client. Layanan yang diberikan server kepada client biasanya berupa akses Web, E-mail, File atau yang lainnya. Client Server banyak dipakai oleh Internet dan Intranet.

1 komentar:

Posting Komentar