Protokol Jaringan

PROTOKOL JARINGAN

A.    Pengertian Protokol Jaringan
Protokol merupakan bahasa komunikasi antara komputer satu dengan komputer lainnya. Seperti halnya manusia yang berkomunikasi dengan bahasa yang sama pula. Maka komputer juga berkomunikasi komputer satu dengan yang lainnya jika kedua komputer menggunakan protokol yang sama juga. Fungsi protokol sendiri bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. Protokol yang sering digunakan atau yang banyak digunakan untuk kemunikasi data pada area yang luas yaitu TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol).
B.    Protokol TCP/IP
1.    Internet Protocol (IP)
a.    Pengertian Internet Protocol (IP)
IP adalah protokol yang mengatur bagaimana suatu data dapat dikenal dan dikirim dari satu komputer ke komputer lain. IP berada pada layer internetwork atau internet. IP merupakan kunci dari jaringan TCP/IP, agar dapat berjalan dengan baik maka semua aplikasi jaringan TCP/IP pasti bertumpu kepada Internet Protocol. Internet Protocol bersifat connectionless protokol, ini berarti IP tidak melakukan error detection dan recovery. IP tidak dapat melakukan pertukaran kontrol informasi saat membangun sebuah koneksi sebelum data dikirim.
b.    Fungsi Protokol IP
1)    Mendefinisikan paket yang menjadi unit satuan terkecil pada transmisi data di interenet
2)    Memindahkan data antara Transport Layer dan Network Interface Layer
3)    Mendefinisikan skema pengalamatan Internet atau IP address
4)    Menentukan routing paket
5)    Melakukan fragmentasi dan penyusunan ulang paket.
2.    Protokol TCP (Transmission Control Protocol)
a.    Pengertian TCP
TCP adalah protokol terpenting dalam layer Transport, bersifat connection oriented. TCP menyediakan layanan pemgiriman data yang connection oriented, reliable, byte stream service.
TCP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack. TCP merupakan bagian dari protokol TCP/IP yang digunakan bersama dengan IP untuk mengirim data. Pengiriman data dapat dijamin, karena TCP mengandalkan dua proses data, yaitu trasmisi ulang dan pengurutan.
b.    Fungsi protokol TCP
Protokol ini bertanggung jawab untuk pengiriman data dari host sumber ke host tujuan dengan benar. TCP juga bertugas mendeteksi kesalahan atau hilangnya data dan melakukan pengiriman kembali sampai data diterima dengan lengkap.
C.    Lapisan TCP/IP
Paket protokol TCP/IP dikembangkan sebelum model OSI di publikasikan, karenanya TCP/IP tidak menggunakan model OSI sebagai rujukan. Model TCP/IP hanya terdiri dari empat layer yaitu :
1.    Aplication Layer
Aplication layer adalah bagian dari TCP/IP dimana permintaan data atau servis diproses, aplikasi pada layer ini menunggu di portnya masing-masing dalam suatu antrian untuk diproses. Aplication layer bukanlah tempat bagi word processor, spreadsheet, internet browser atau yang lainnya akan tetapi aplikasi yang berjalan pada application layer berinteraksi dengan word processor, spreadsheet, internet browser atau yang lainnya, contoh aplikasi populer yang bekerja pada layer ini misalnya FTP dan HTTP.

2.    Transport Layer
Transport layer menentukan bagaimana host pengirim dan host penerima dalam membentuk sebuah sambungan sebelum kedua host tersebut berkomuikasi, serta seberapa sering kedua host ini akan mengirim acknowledgment dalam sambungan tersebut satu sama lainnya. Transport layer hanya terdiri dari dua protokol; yang pertama adalah TCP (Transport Control Protokol) dan yang kedua adalah UDP (User Datagram Protokol). TCP bertugas; membentuk sambungan, mengirim acknowledgment, dan menjamin terkirimnya data sedangkan UDP dapat membuat transfer data menjadi lebih cepat.
3.    Internet Layer
Internet layer dari model TCP/IP berada diantara network interface layer dan transport layer. Internet layer berisi protokol yang bertanggung jawab dalam pengalamatan dan routing paket. Internet layer terdiri dari beberapa protokol diantaranya :
a.    Internet Protokol (IP)
b.    Address Resolution Protokol (ARP)
c.    Internet Control Message Protokol (ICMP)
d.    Internet Group Message Protokol (IGMP)
4.    Network Interface Layer
Layer terbawah dari model TCP/IP adalah Network Interface Layer, tanggung jawab utama dari layer ini adalah menentukan bagai mana sebuah komputer dapat terkoneksi kedalam suatu jaringan komputer, hal ini sangat penting karena data harus dikirimkan dari dan ke suatu host melalui sambungan pada suatu jaringan. Contoh LAN Media Access.


Kriteria
Alamat IP versi 4
Alamat IP versi 6
Panjang alamat
32 bit
128 bit
Jumlah total host (teoritis)
232=±4 miliar host
2128
Menggunakan kelas alamat
Ya, kelas A, B, C, D, dan E (Tidak digunakan lagi, karena tidak relevan dengan perkembangan jaringan Internet yang pesat).
Tidak
Alamat multicast
Kelas D, yaitu224.0.0.0/4
Alamat multicast IPv6, yaituFF00:/8
Alamat broadcast
Ada
Tidakada
Alamat yang belum ditentukan
0.0.0.0
::
Alamat loopback
127.0.0.1
::1
Alamat IP publik
Alamat IP publik IPv4, yang ditetapkan oleh otoritas Internet (IANA)
Alamat IPv6 unicast global
Alamat IP pribadi
Alamat IP pribadi IPv4, yang ditetapkan oleh otoritas Internet
Alamat IPv6 unicast site-local (FEC0::/48)
Konfigurasi alamat otomatis
Ya (APIPA)
Alamat IPv6 unicast link-local (FE80::/64)
Representasi tekstual
Dotted decimal format notation
Colon hexadecimal format notation
Fungsi Prefiks
Subnet mask atau panjang prefix
Panjangprefiks
Resolusi alamat DNS
A Resource Record (Single A)
AAAA Resource Record (Quad A)


 Control (MAC), Point-to-Point Protocol (PPP), Multilink Point-to-Point Protocol (MLPPP), Asynchronous Transfer Mode (ATM), dan Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL).

   
 Gambar Lapisan TCP/IP

D.    Pengalamatan IP/IP Adress
Alamatadalahderetanangkabinerantar 32-bit sampai 128-bit yang dipakaisebagaialamatidentifikasiuntuktiapkomputer host dalamjaringan Internet. Panjangdariangkainiadalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkanalamatdarikomputertersebutpadajaringan Internet berbasis TCP/IP.
Sistempengalamatan IP initerbagimenjadidua, yakni:
1.    IP versi 4 (IPv4)
2.    IP versi 6 (IPv6)
PerbandinganAlamat IPv6 dan IPv4

REFERENSI
Hill Associates. 2008. Diakses dari    http://www.hill2dot0.com/ pada 4 Oktober 2013

Iwan Sofana. 2011. Teori & Model Praktikum JARINGAN KOMPUTER. Bandung : Modula
William Stallings. 2002. Komunikasi Data dan Komputer JARINGAN KOMPUTER ( Thamir Abdul Hafedh Al-Hamdany). Jakarta :Salemba Teknika

1 komentar:

jaringan protokol sanagt di perlukan untuk sebuah website..
Modem 4 g terbaik

Reply

Posting Komentar