Signal dan Transmisi dalam Jaringan

Signal dan Transmisi dalam Jaringan

A.    Signal
Signal adalah data atauinformasi yang telah mengalami suatu proses sedemikian rupa sehingga siap untuk dikirim kepihak penerima melalui suatu saluran transmisi. Ada 2 jenis signal, yaitu signal analog dan signal digital.
1.    Signal analog adalah signal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu (terusmenerus), yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dengan menggunakan signal analog, maka jangkauan transmisi data dapat mencapaijarak yang jauh, tetapi signal ini mudah terpengaruh oleh noise. Gelombang pada signal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memilikitiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase. Proses pengiriman suara, misalnya pada teknologi telepon, dilewatkan melalui gelombang elektromagnetik ini.
2.    Signal digital (signal diskret) yang merupakan signal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1.
Dalam pengiriman signal melalui media transmisi, signal analog mudah terkena gangguan/noise, sehingga di sisipenerima signal tersebut terdegradasi. Sementara untuk signal digital, selama gangguan tidak melebihi batasan yang diterima, sinyal masih diterima/dikenali dalam kualitas yang sama dengan pengiriman. Dengan alasan ini, keluar ide pemakaian bersama sinyal analog dan digital, yaitu selama di user berbentuk analog dan selama di media transmisi berbentuk digital.Teknik/metode pengubahan sinyal analog menjadi sinyal digital ini disebut PCM (Pulse Code Modulation).

B.    Media Transmisi
Media transmisi adalah media yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi dari suatu tempat ketempat lain. Dalam jaringan, semua media yang dapat menyalurkan gelombang listrik atau elektromagnetik atau cahaya dapat dipakai sebagai media pengirim, baik untuk pengiriman dan penerimaan data. Pilihan media transmisi (pengirim) untuk keperluan komunikasi data tergantung pada beberapa faktor, seperti harga, performance jaringan yang dikehendaki, ada atau tidaknya medium tersebut.
Macam-macam media transmisi :
1.     Unicast
Merupakan media transmisi jaringan one on one (sistem tunggal/jalur tunggal).Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan akan mempunyai alamat yang unik (lain dari yang lain). Maka apabila ada transfer data akan melihat alamat tujuan terlebih dahulu jika tidak sama dengan alamat tujuan transfer data akan digagalkan.
2.    Multicast
Merupakan media transmisi one to many (satukebanyak). Sistem ini sering digunakan dalam kasusse kelompok komputer yang sedang menerima transmisi tertentu, seperti streaming audio atau video secara bersamaan maka kita dapat menggunakan tipe transmisi jaringan multicast.
3.    Broadcast
Merupakan transmisi jaringan one to all (satukesemua).Biasanya media ini digunakan dalam jaringan raksasa yaitu WAN.

Referensi :
Fandi Husen. 2013. Teknik Penyaluran Sinyal. Diakses dari http://fandyhusen.blogspot.com/2013/02/teknik-penaluran-sinyal.html.
Atika Desi. 2013. Transmisi dan Media Akses. Diakses dari http://myeolchisimmint.blogspot.com/2013/01/teknik-penyaluran-sinyal-media.html.

1 komentar:

Posting Komentar